Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Daftar Perlengkapan Mendaki yang Harus Dibawa agar Aman

rekamjejak -- Mendaki gunung merupakan kegiatan yang ekstrim dan bisa dibilang susah-susah gampang. Bagi mereka yang sudah berpengalaman bisa dikatakan gampang karena sudah terbiasa. Tetapi bagi mereka yang masih pemula, kegiatan ini bisa dikatakan sulit karena jarang melakukan pendakian. 

Bagi pemula, mereka akan berpikir keras mengenai perlengkapan mendaki yang akan dibawa. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena saya akan membantu anda yang masih pemula untuk mempersiapkan perlengkapan mendaki gunung apa saja yang harus dibawa ketika melakukan pendakian.

Berikut ini daftar perlengkapan mendaki untuk pemula agar pendakian tetap nyaman dan aman. Yuk, cek langsung!

Tenda atau Dome

Di gunung tidak ada hotel atau penginapan, jadi anda harus bawa tenda untuk bisa bermalam dengan nyaman dan aman. Tenda ini akan melindungi anda dari terpaan angin, hawa dingin dan hujan ketika berada di gunung. Tenda sangatlah penting ketika anda ingin melakukan pendakian lebih dari satu hari atau berencana untuk menginap di gunung. Bawalah tenda sesuai dengan kapasitas orang yang akan melakukan pendakian agar tidak terlalu sesak dan tidur pun nyaman.

Logistik

Logistik juga tidak kalah penting, karena di gunung tidak ada cafe atau restoran. Mendaki gunung akan menguras tenaga dan membuat anda lelah, sebab itu bawalah makanan dan minuman yang memiliki kandungan protein dan karbohidrat. Contohnya, beras (karena mengandung banyak karbohidrat dan glukosa yang dibutuhkan oleh tubuh saat pendakian). Anda juga bisa membawa sayur untuk menambah vitamin. Lauk yang bisa anda bawa misalnya telur, daging, tempe dan tahu. Buah-buahan juga penting untuk dibawa sebagai penambah vitamin dan cairan agar tidak dehidrasi. Buah yang bisa dibawa yaitu buah pir atau apel.

Peralatan Masak

Dalam pendakian tentunya peralatan masak wajib untuk dibawa agar bisa mengolah makanan yang mentah untuk bisa anda makan. Bawalah perlengkapan masak dan kompor yang mudah dibawa atau bahasa kerennya cooking set yang berbahan ringan dan ringkas. Contohnya nasting beserta kompornya. Selan itu, anda juga bisa membawa peralatan masak pendukungnya seperti pisau, sendok, sutil, piring dan lainnya sesuai dengan kebutuhan anda.

Tas Carrier

Carrier berfungsi untuk membawa semua barang atau perlengkapan mendaki yang banyak itu. Tas ini tentunya sudah didesain oleh ahlinya untuk kegiatan pendakian. Mulai dari bahannya yang kokoh, jahitan yang sangat kuat hingga sistem distribusi beban ketika digunakan mempunyai tujuan agar pengguna lebih nyaman dengan beban berat ketika melakukan pendakian. Pilihlah tas gunung yang memiliki distribusi beban yang bagus, terintegrasi dengan raincover, memiliki belt di pinggang yang empuk dan lainnya. Agar lebih nyaman, pilihlah tas carrier yang sesuai dengan badan dan kemampuanmu.

Pakaian Ganti

Bawalah baju ganti ketika anda sedang melakukan pendakian. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi ketika anda terkena hujan, jadi anda memiliki baju yang masih kering dan bisa menghangatkan badan. Bawalah baju yang mudah kering dan berbahan katun. Baju yang cepat kering digunakan ketika perjalanan dan yang berbahan katun digunakan untuk istirahat. Untuk celana juga sama, bawalah celana yang cepat kering seperti celana berbahan ripstok nilon atau berbahan polyester. Tidak dianjurkan untuk membawa celana berbahan jeans.

Jaket

Jaket ini berfungsi untuk menghangatkan badan dari terpaan angin yang cukup kencang dan hawa dingin. Pakailah jaket yang berbahan fleece polar yang cukup hangat dan juga yang berbahan waterproof, agar badan anda tetap hangat dan nyaman.

Sarung Tangan

Telapak tangan sangat sensitif dengan hawa dingin dan goresan. Ada baiknya untuk menggunakan sarung tangan ketika melakukan pendakian.

Buff atau Kupluk

Selain tangan yang sensitif, telinga ternyata juga sangat sensitif terhadap dingin. Untuk melindungi telinga dan kepala, ada baiknya anda membawa buff atau kupluk. Buff disini juga berfungsi sebagai masker untuk melindungi hidung dari debu yang ingin masuk ke dalam hidung.

Sepatu atau Sendal Gunung

Pilihlah sepatu atau sendal gunung yang telah di desain khusus untuk kegiatan mendaki gunung. Sebagai contoh untuk Sepatu, pilihlah sepatu dengan desain di atas mata kaki. Hal ini berfungsi untuk melindungi pergelangan anda ketika tergelincir agar otot ataupun urat dan tulang tidak terpelintir.

Jas Hujan

Kapanpun musimnya untuk melakukan pendakian, jas hujan harus masuk dalam daftar perlengkapan pendakian. Mengapa demikian? Karena cuaca di gunung selalu berubah-ubah, bahkan musim panas pun bisa saja terjadi hujan. Baik itu hujan yang disebabkan karena kandungan air di awan sudah tinggi ataupun hujan karena kabut tebal atau kabut jenuh.

Sleeping Bag

Gunung itu dingin, terlebih ketika malam hingga dini hari. Jika anda ingin tidur nyaman dan tidak terlalu ingin merasakan dingin, jangan lupa membawa sleeping bag. Ini sangat penting, terlebih bagi anda yang tidak kuat dengan hawa dingin atau bagi pendaki pemula.

Perlengkapan mendaki untuk pemula lainnya, yaitu: 

a. Obat-obatan pribadi
b. Senter
c. Kantong plastik

Nah, itulah 14 daftar perlengkapan mendaki untuk pemula yang bisa saya bagikan. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan. Semoga perjalanan pendakian anda nyaman dan aman. Explore terus keindahan Indonesia dan salam LESTARI!

Posting Komentar untuk "14 Daftar Perlengkapan Mendaki yang Harus Dibawa agar Aman"