Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fakta Ranu Kumbolo: Surga Tersembunyi di Mahameru

rekamjejak -- Apakah anda pernah menonton film 5 Cm yang populer dengan adegan beberapa sahabat berjuang menaklukkan gunung semeru? Pada adegan film ini terlihat sebuah danau yang sangat indah tepat di lereng gunung semeru dengan berbagai cerita dan pesonanya. Selain puncak mahameru, gunung semeru ini juga memiliki ikon yang tidak kalah menarik dan indah yaitu Danau Ranu Kumbolo.

Keindahan Ranu Kumbolo yang masuk pada Kabupaten Lumajang ini tidak perlu diragukan lagi. Perlu anda ketahui, danau yang terletak di jalur pendakian ini merupakan danau air tawar tertinggi yang ada di Jawa Timur dengan ketinggian 2.400 mdpl. Lokasi di sekitar danau ini juga bisa digunakan sebagai tempat camping sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan menuju Mahameru.

Jika dilihat dari namanya, Ranu memiliki arti sebagai danau. Sementara Kumbolo yaitu pengembara, sehingga danau ini diartikan sebagai danau para pengembara. Danau ini sudah dikenal sejak ratusan tahun, hal ini terbukti dengan adanya sebuah prasasti di wilayah sekitar Ranu Kumbolo. Pada zaman dahulu, pendakian menuju gunung semeru merupakan sebuah perjalanan yang spiritual. Oleh sebab itu, disekitar Ranu Kumbolo ditemui prasasti yang menyebut bahwa air dari danau tersebut merupakan air suci.

Ranu Kumbolo dianggap sebagai salah satu surga keindahan yang ada di wilayah gunung Semeru. Membuat siapapun yang datang kesana memutuskan untuk menginap semalam atau sebagai pemberhentian sementara sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Mahameru.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan Ranu Kumbolo yang perlu anda ketahui:

Pertama, Lokasi danau ini berada di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan luas lahan sekitar 10 Ha.
Kedua, di Ranu Kumbolo bisa menikmati barisan dan gugusan bukit-bukit yang mengelilingi Ranu serta para wisatawan juga akan disuguhi dengan pemandangan yang indah ketika sunrise.

Ketiga, Memiliki mitos bernama “Tanjakan Cinta” yang telah melegenda dan membuat penasaran para wisatawan untuk mencobanya.

Keempat, Untuk sampai ke Ranu Kumbolo, para wisatan harus menempuh perjalanan kaki sekitar 5-6 jam melalui hutan belantara dari desa terdekat yaitu Desa Ranu Pane di Senduro.

Kelima, Dilarang untuk mandi di area danau, jangan membuang sampah sembarangan, tidak membuang air besar atau kecil pada mata air karena danau ini menjadi sumber air bagi warga sekitar. Jika hanya mengambil air untuk memasak, maka diperbolehkan. asional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Nah, itulah informasi mengenai Ranu Kumbolo. Semoga dapat membantu anda untuk memperoleh informasi yang anda butuhkan. Explore terus keindahan Indonesia dan salam LESTARI!

Posting Komentar untuk "10 Fakta Ranu Kumbolo: Surga Tersembunyi di Mahameru"