Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Daftar Gunung Terpendek di Indonesia

rekamjejak -- Banyaknya foto-foto yang diunggah di media sosial tentang keindahan gunung menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang belum pernah menginjakkan kakinya di puncak gunung. Setiap puncak yang dijejaki, pasti mempunyai keunikan dan ceritanya masing-masing. Dan siapa yang pernah mendaki, pastinya akan selalu rindu untuk kembali menjamah puncak gunung. Bagi anda yang belum pernah mendaki dan tertarik untuk mendaki, ada baiknya memilih gunung dengan ketinggian standar dan memiliki medan yang relatif mudah. Nah, berikut ini beberapa daftar gunung terpendek yang bisa anda jadikan referensi sebelum akhirnya mendaki.

Gunung Nglanggeran (700 Mdpl)

Gunung Nglanggeran terletak di Ds. Nglanggeran, GunungKidul, Yogyakarta. Gunung yang terbilang ramah ini merupakan gunung api purba yang terbentuk dari bebatuan Karst. Gunung Nglanggeran ini cocok untuk anda yang memang pertama kali mendaki. Medannya tidak terlalu ekstrim dan untuk mencapai puncak hanya memerlukan waktu 1 jam saja. Di area puncak terdapat camping ground dimana anda bisa melihat keindahan langit malam yang bertabur bintang. Gunung Nglanggeran ini saya rekomendasikan untuk anda yang baru pertama kali mendaki.

Gunung Batu Jonggol (875 Mdpl)

Gunung yang satu ini juga bisa menjadi pilihan untuk pendaki pemula. Gunung Batu Jonggol terletak di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Dengan ketinggian 875 Mdpl menjadikan Gunung Batu Jonggol diburu oleh pendaki pemula. Walaupun gunung ini tidak terlalu terkenal, namun keindahannya mampu membuat siapa saja terpesona. Untuk sampai di puncak, anda hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit. Medannya ramah dan tidak mengkhawatirkan bagi anda yang masih pemula.

Gunung Pulosari (1.346 Mdpl)

Gunung Pulosari cocok untuk pendaki pemula. Untuk sampai puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Namun anda harus tetap hati-hati karena jalur pendakian menuju puncak sedikit terjal dan curam. Selama perjalanan menuju puncak, anda akan disuguhkan dengan panorama hutan dengan vegetasi yang beraneka ragam.

Gunung Penanggungan (1.653 Mdpl)

Gunung pertama kali yang saya jejaki yaitu gunung penanggungan ini. Banyak yang mengatakan bahwa gunung penanggungan ini merupakan miniaturnya gunung Semeru. Mengapa dikatakan miniaturnya Semeru? Karena puncaknya yang tandus menyerupai Gunung Semeru. Untuk mencapai puncak gunung Penanggungan anda memerlukan waktu sekitar 4 jam melalui jalur Tamiajeng dan Trawas. Buat anda yang ingin melihat candi-candi peninggalan sejarah, maka anda bisa lewat jalur Jolotundo. Anda harus berhati-hati, karena gunung ini memiliki jalur yang cukup ekstrim dan menantang.

Gunung Batur (1.717 Mdpl)

Bali tidak hanya dikenal dengan pantai eksotisnya saja, namun ada gunung yang cocok untuk pendaki pemula, Gunung Batur Namanya. Untuk sampai di puncak, anda hanya memerlukan waktu 2,5 jam dengan jalur trekking yang tidak terlalu menantang. Untuk pemandangannya sudah tidak perlu ditanyakan lagi, pastinya sangat indah dan akan membuat anda jatuh cinta. Hal indah lainnya yang ada yaitu Kaldera terindah di dunia dimana Danau Batur sebagai pusatnya.

Gunung Andong (1726 Mdpl)

Magelang juga memiliki gunung dengan pesona sunrise paling epik di Jawa Tengah. Berbeda dengan gunung Nglanggeran dan Gunung Batu Jonggol, untuk mencapai puncak gunung Andong anda memerlukan waktu sekitar 2 jam. Namun anda tidak perlu khawatir akan tersesat, karena jalur pendakian gunung Andong tidak berbahaya dan disepanjang jalur pendakian dipasang papan penunjuk jalan. Bagi anda yang masih pemula, gunung Andong bisa anda jadikan referensi gunung selanjutnya untuk anda taklukkan.

Gunung Ungaran (2.050 Mdpl)

Setelah anda menjelajahi gunung-gunung di atas, anda bisa melanjutkan trekking ke gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 2.000 Mdpl, salah satunya yaitu gunung Ungaran dengan ketinggian 2.050 Mdpl. Gunung Ungaran terletak di Ungaran Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk bisa mencapai puncak, anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 4 jam melalui jalur Jimbaran dengan jalur treking yang cukup terjal dan curam. Tetap harus berhati-hati di beberapa titik jalur pendakian. Keindahan yang ditawarkan gunung Ungaran sangat menyenangkan. Anda terlebih dahulu akan disambut dan dimanjakan dengan hamparan kebun teh yang sangat luas.

Gunung Panderman (2.045 Mdpl)

Gunung Panderman menjadi salah satu gunung yang saya rekomendasikan untuk anda. Gunung ini terletak di Kota Batu Malang. Puncak gunung ini dikenal dengan nama Basundara. Nama gunung ini diambil dari nama seorang Belanda bernama Van Der Man yang mengagumi keindahan gunung ini pada waktu itu. Gunung Panderman merupakan sebuah gunung cocok bagi kalian yang baru saja menyukai pendakian atau yang masih pemula pada bidang pendakian.

Gunung terpendek di Indonesia lainnya:

  1. Gunung Sibayak (2.212 Mdpl)

  2. Gunung Ijen (2.443 Mdpl)

  3. Gunung Prau (2.565 Mdpl)

Nah, itulah 11 daftar gunung terpendek di Indonesia yang bisa saya rekomendasikan untuk anda pendaki pemula. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk memperoleh informasi yang anda butuhkan. Semoga bermanfaat dan explore terus keindahan Indonesia. Salam LESTARI!

Posting Komentar untuk "11 Daftar Gunung Terpendek di Indonesia"