Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Daftar Gunung Teraktif di Dunia yang Memiliki Kekuatan Dahsyat!

rekamjejak -- Ketika kita mendengar kata gunung berapi, hal yang terlintas dalam benak kita yaitu sesuatu yang tidak menyenangkan dan kemungkinan akan terjadi bencana alam. Yang anda pikirkan tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Erupsi ataupun letusan gunung berapi terkadang sangat membahayakan, terutama bagi warga sekitar yang tinggal di kaki gunung tersebut. Selain menimbulkan kerusakan lahan, tidak jarang juga menimbulkan korban jiwa akibat letusan gunung berapi yang tidak terduga.

Berikut ini saya akan memberikan beberapa daftar gunung teraktif di dunia yang perlu diwaspadai keberadaannya. Apa saja kira-kira? Yuk, simak langsung!

Gunung Etna (Italia)

Gunung Etna secara lokal dikenal dengan nama Mongibello yang berarti gunung yang indah. Gunung ini berada di pesisir timur Sisilia dekat dengan Messina dan Catania, Italia. Gunung Etna memiliki ketinggian sekitar 3.320 Mdpl, dan uniknya jika gunung ini meletus akan memberikan pemandangan yang indah karena seperti kembang api raksasa.

Gunung Etna termasuk gunung terbesar diantara gunung-gunung berapi di Italia dengan keliling dasar sepanjang 140 km dan mencakup wilayah seluas 1.190 km2. Gunung ini merupakan salah satu gunung teraktif di dunia dan hampir selalu dalam keadaan meletus. Meski demikian, gunung ini tidak terlalu dianggap berbahaya.

Gunung Mauna Loa (Hawaii)

Mauna Loa terletak di Kepulaua Hawaii, Amerika Serikat. Letusannya memiliki magma sepanjang 96 Km dengan luas 48 Km. Gunung Mauna Loa sendiri merupakan salah satu dari 5 gunung berapi yang ada di Amerika Serikat. Hawaii merupakan pulau termuda dari rangkaian Kepulauan Hawaii. 

Penciptaannya pun dimulai sekitar 1 juta tahun lalu, dimana ketika itu terjadi rangkaian letusan lima gunung api bawah laut yang terjadi dari waktu ke waktu. Walaupun karakteristik letusan gunung Loa tidak eksplosif (menyemburkan material ke udara), namun letusan Loa ini disebut sebagai yang terbesar dari segi volume letusan dan luas dampaknya.

Gunung Nyirangogo (Kongo)

Gunung Nyirangogo terletak di Taman Nasional Virunga, Republik Demokratik Kongo dan berada sekitar 20 Km dari kota Goma dan danau Kivu serta berbatasan langsung dengan bagian barat Rwanda. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.470 m dan bertipe stratovolcano.

Gunung Merapi (Indonesia)

Gunung teraktif selanjutnya berada di Indonesia dan tepatnya di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah. Sejak terjadi letusan pada 1548, gunung Merapi mengalami siklus letusan paling teratur di antara gunung berapi lain di Indonesia. Pada 26 Oktober 2010 terjadi letusan yang memakan korban jiwa 353 orang termasuk sang juru kunci Mbah Maridjan yang menolak dievakuasi. Keberadaan gunung merapi erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat, hal ini terbukti dengan catatan statistik yang menunjukkan ribuan orang masih hidup dan bertempat tinggal di sekitar gunung merapi.

Gunung Galeras (Kolombia)

Gunung ini memiliki ketinggian 4.276 Mdpl. Gunung Galeras meletus sejak penaklukan Spanyol, dengan letusan pertamanya pada tanggal 7 Desember 1580. Sementara letusan berikutnya pada tahun 1993 menewaskan sembilan orang termasuk enam ilmuwan. Gunung Galeras saat ini menjadi gunung paling aktif di Kolombia.

Gunung kilimanjaro (Afrika)

Puncak Kilimanjaro merupakan puncak tertinggi di Afrika dengan ketinggian sekitar 5.895 Mdpl. Gunung ini adalah gunung api strato raksasa yang sekarang tidak aktif, namun memiliki fumarol yang mengeluarkan gas di kawah yang terletak di puncak utama Kobi. Di Tanzia, puncak Kibo ini dikenal sebagai puncak Uhuru.

Gunung St. Helens (USA)

Gunung St. Helens merupakan gunung aktif yang berada di Skamania Country, Washington, Amerika Serikat. Gunung ini paling terkenal dengan letusannya yang terjadi pada 18 Mei 1980, dimana letusan tersebut merupakan letusan gunung  berapi terparah baik dari segi kekuatan letusan maupun kerugian ekonomi sepanjang sejarah Amerika Serikat.

Gunung Taal (Filipina)

Gunung Taal merupakan gunung api dengan tipe kompleks yang berada di Pulau Luzon, Filipina. Gunung ini juga merupakan gunung api teraktif kedua di Filipina setelah gunung Mayon dan tercatat pernah erupsi sebanyak 33 kali. Seluruh erupsi berada di Pulau Volcano yang merupakan sebuah pulau yang berada di tengah Danau Taal. Gunung ini termasuk dalam gunung api dekade ini karena lokasinya yang berada dekat dengan padat penduduk dan sejarah erupsinya.

Gunung Santa Maria (Guatemala)

Gunung Santa Maria berada di bagian barat negara Guatemala dan menghasilkan salah satu letusan terbesar di abad ke-20. Letusannya juga tercatat sebagai salah satu dari lima letusan gunung berapi terbesar dalam tempo 200 tahun terakhir. Gunung Santa Maria ini memiliki kemiringan sekitar 3.772 meter dengan puncaknya yang lancip.

Gunung Ulawun (Papua Nugini)

Gunung Ulawun merupakan gunung tertinggi di Kepulauan Bismarck pada 2.334 meter dan salah satu gunung berapi teraktif di Papua Nugini. Letusan guung Ulawun pertama kali dicatat oleh William Dampier pada tahun 1700 dan ada 22 letusan yang tercatat sejak abad ke-18.

Nah, itulah daftar gunung teraktif di dunia yang bisa saya berikan pada anda. Semoga artikel ini bisa menjadi salah satu referensi anda untuk menambah pengetahuan mengenai topik yang terkait. Semoga bermanfaat dan salam LESTARI!

Posting Komentar untuk "13 Daftar Gunung Teraktif di Dunia yang Memiliki Kekuatan Dahsyat!"