Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memiliki Pesona Tersembunyi, Inilah 10 Tempat Wisata Alam di Malang yang Wajib Dikunjungi


Wisata Alam di Malang --
Malang dikenal sebagai salah satu kota wisata di Jawa Timur dengan hawanya yang sejuk. Tidak heran rasanya jika Malang memiliki banyak wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Jika anda bingung memulainya darimana, Rekamjejak sudah merangkumnya untuk anda jadikan referensi. Kira-kira dimana saja,ya? Yuk, simak langsung ulasannya.

Coban Rais

Credit Image by: @batuflowergarden.cobanrais

Terdapat air terjun yang cukup terkenal di Jawa Timur, tepatnya di sekitar 16 km dari pusat Kota Malang, yakni Coban Rais. Air terjun ini memiliki aliran setinggi kurang lebih 20 meter dan dikelilingi oleh perbukitan hijau sehingga mampu menyejukkan mata. Menariknya lagi, Coban Rais memiliki beberapa spot menarik untuk berfoto dan menikmati pemandangan sekitar, diantaranya sepeda kayuh di udara, gardu pandang berbentuk hati dan masih banyak lagi lainnya.

Goa Pinus

Credit Image by: @stonecityriders

Jika anda ingin mengunjungi wisata alam yang berbeda, cobalah mengunjungi Goa Pinus di kawasan Gunungsari, Bumiaji, Batu. Anda perlu melakukan trekking terlebih dahulu melewati bukit yang dikelilingi hutan pinus sebelum akhirnya sampai di lokasi gua. Terdapat gardu pandang di beerapa area yang menawarkan pemandangan tak kalah menakjubkan. Ditambah lagi dengan udara yang sejuk, pastinya anda akan betah menghabiskan waktu berlama-lama di Goa Pinus.

Gunung Panderman

Credit Image by: @eugenieindah

Bagi anda yang suka berwisata alam sambil menguji adrenalin, maka Gunung Panderman dapat menjadi destinasi yang tepat. bahkan bagi anda pendaki pemula, gunung ini aman untuk anda kunjungi. Untuk mencapai puncak Gunung Panderman, anda hanya perlu waktu seharian saja. Biasanya waktu pendakian hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Jika ingin petualangan yang lebih seru, cobalah untuk memulai pendakian saat dini hari, sehingga anda akan melihat pesona matahari terbit di puncak Gunung Panderman.

Omah Kayu

Credit Image by: @zaainul

Omah kayu merupakan wisata alam yang berupa penginapan rumah kayu yang berada di atas pohon. Omah Kayu berlokasi di jalan Gn. Banyak, Bumiaji, Batu. Wisata alam yang satu ini menyajikan pemandangan Kota Batu dengan jelas. Tidak hanya itu, pesona malah hari di Omah Kayu akan semakin memukau dengan pendar-pendar cahaya kota.

Wisata Tubing Wringinanom


Jika mendaki gunung kurang menantang buat anda, cobalah alternatif lainnya seperti Tubing atau body rafting. Tubing tidak jauh berbeda dengan rafting pada umumnya, hanya saja Tubing menggunakan ban untuk menopang tubuh anda dari derasnya arus sungai. Jangan takut tenggelam, karena selama beraktivitas anda akan dilengkapi pelampung dan juga helm. Untuk melakukan Tubing, anda bisa datang ke Tubing Wringinanom. Disana anda akan melewati arus sungai Amprong dan Coban Pelangi yang mengalir dari Gunung Semeru. Untuk biaya sewanya juga sangat bervariasi, tergantung jumlah dan jarak yang akan ditempuh.

Coban Nirwana

Credit Image by: @eny_choi

Air terjun yang satu ini berada di kawasan Gedangan. Coban Nirwana memang belum memiliki fasilitas memadai seperti halnya coban lainnya di Malang, hal ini karena Coban Nirwana belum resmi dikelola oleh Dinass Pariwisata setempat. Oleh karena itu, ada baiknya anda membawa beberapa perlengkapan seperti tikar, bekal maupun baju ganti saat mengunjungi Coban Nirwana. Meski demikian, Coban Nirwana layak untuk anda kunjungi saat berlibur. Airnya bersih dan jernih dengan tebing-tebing bebatuan yang mengelilingi, sehingga menciptakan kesan eksotis. Namun anda harus tetap berhati-hati, karena akses menuju air terjun cukup licin dan terjal.

Pantai Mbehi

Credit Image by: @yoiki_malang

Pantai-pantai di Malang tidak kalah keren untuk dijelajahi, salah satunya yaitu pantai Mbehi yang berada di Desa Sumberbening, Bantur. Daya tarik utama dari pantai ini adalah ‘Kawah’, yaitu lubang besar di tepi karang yang langsung menembus permukaan air laut. Saat ombak besar datang, biasanya air laut akan menyembur keluar dari lubang kawah, sehingga menciptakan fenomena yang menarik. Tidak hanya itu, Pantai Mbehi terkenal dengan airnya yang sangat jernih dan tidak heran banyak pengunjung yang kerap berenang dan bermain air di sini.

Teluk Bidadari

Credit Image by: @amazingmalang

Saat anda mengunjungi Pantai Mbehi, sempatkan juga untuk ke Teluk Bidadari yang masih berada di satu area. Untuk sampai di Teluk Bidadari, anda hanya perlu trekking dari Pantai Mbehi kurang lebih 30-40 menit. Perjalanannya cukup melelahkan memang, namun rasa lelah anda akan langsung terbayar begitu sampai di Teluk Bidadari. Disini anda akan melihat sebuah ceruk yang membentuk kolam alami. Airnya berwarna biru jernih dengan kedalaman yang cukup dangkal, sehingga anda bisa bermain air dan berenang secara nyaman dan aman.

Pantai Balekambang

Credit Image by: @mahasiswa_dolan

Banyak orang yang menyebut Pantai Balekambang sebagai Tanah Lot versi Malang, karena disana terdapat sebuah Pura bernama Amerta yang berdiri tegak ke tengah laut. Untuk sampai disana, anda harus melewati jembatan yang tersedia. Kebanyakan orang datang ke Pantai Balekambang menjelang sore untuk menikmati sunset. Pantai ini memang dikenal sebagai salah satu spot sunset terbaik di Malang. Tidak hanya itu, anda juga bisa menikmati aneka terumbu karang yang eksotis di bibir pantai saat laut sedang surut.

Pantai Tiga Warna

Credit Image by: @lestari.ns

Sesuai dengan namanya, pantai yang satu ini memiliki air laut dengan gradasi tiga warna yaitu biru, hijau dan putih. Hal ini tentunya mencitakan pemandangan yang unik. Pasalnya, tiga warna yang dihasilkan yaitu berasal dari pembiasan cahaya matahari dan vegetasi plankton yang ada di pantai ini. Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki daya tarik lainnya berupa hutan bakau yang berada di muara pertemuan antara laut dan sungai. Fungsi hutan bakau yaitu mencegah abrasi sekaligus melindungi anda dari teriknya sinar matahari. Bagaimana, menarik bukan?

Pantai Goa Cina

Credit Image by: @chaobap

Pantai yang tidak kalah eksotis dari pantai-pantai di Malang yaitu Pantai Goa Cina. Walaupun air lautnya sangat jernih, namun anda tidak diperbolehkan berenang disana karena ombaknya cukup besar. Hal ini terjadi karena ombak disana beradu dari tiga arah sekaligus yaitu selatan, barat dan timur. Namun anda tidak perlu khawatir, anda masih bisa menikmati keindahan laut dengan bersantai di area pinggir pantai. Jika anda tertarik, anda bisa mengunjunginya di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing, Wetan.

Bagaimana, sudahkah anda menentukan apa saja wisata alam Malang yang akan anda kunjungi? Jika iya, siapkan waktu dan budget anda agar bisa mengunjungi banyak destinasi. Liburan ke tempat yang sejuk akan membuat pikiran anda lebih rileks dan fresh. Jika anda ingin menambahkan wisata alam Malang lainnya, jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar, ya! Semoga bermanfaat dan explore terus keindahan Indonesia!

Posting Komentar untuk "Memiliki Pesona Tersembunyi, Inilah 10 Tempat Wisata Alam di Malang yang Wajib Dikunjungi"