Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Gili Trawangan yang Tak Banyak Orang Tahu!

rekamjejak-- Gili Trawangan kini menjadi salah satu destinasi favorit di Nusa Tenggara Barat. Saking populernya, hampir semua traveler datang ke NTB untuk menyambangi tempat itu. Saat pertama kali menjejakkan kaki disana, anda akan dibuat terkejut, bukan karena bentangan alamnya yang bikin takjub, tapi juga fakta-fakta didalamnya.

Fakta-Fakta Tersembunyi di Gili Trawangan

Berikut ini akan saya sampaikan beberapa fakta tersembunyi di Gili trawangan. Setelah membaca ini, anda akan tahu alasan para turis betah berlama-lama di sini. Ini dia fakta-faktanya:

Isinya Dominan Wisatawan Asing

Gili Trawangan sangat kesohor di kalangan wisatawan Mancanegara, tak heran jika banyak orang asing yang menyambangi pulau itu. Sebab itu, suasananya dibuat layaknya pantai-pantai di Hawai dengan kafe di pinggir-pinggir pantai serta konsepnya yang sangat internasional.

Penduduk Lokal Tinggal di Tengah Pulau

Hampir semua kavling di pinggir pantai dimanfaatkan untuk membangun hotel, kafe dan restoran. Oleh sebab itu, penduduk lokal umumnya tinggal berkumpul di tengah pulau. Mereka membiarkan lahannya dibeli investor untuk dibangun akomodasi atau tempat nongkrong.

Tamu akan Disambut Banyak Kucing


Hasil gambar untuk kucing

Penduduk Gili Trawangan sangat menghargai makhluk hidup termasuk kucing. Maka dari itu mereka membiarkannya berkembang biak dan tak akan dibunuh. Bahkan ada tempat khusus untuk kucing, sehingga anda bisa bermain dengan kucing dan memberi makan.

Dahulu Merupakan Tempat Pembuangan Narapidana

Pasalnya, sebelum 1970 pulau ini menjadi tempat pembuangan bagi narapidana dan pemberontak yang melawan penguasa. Maklum, tempat yang tidak terlalu jauh dari kota ini, juga masih cukup mudah diakses dengan kapal.

Homestay Murah Berada di Tengah Pulau, dan yang Mahal ada Di Pinggiran

Di Gili Trawangan, penginapan di pinggir pantai harganya jauh lebih mahal. Bahkan ada yang mencapai puluhan juta karena view nya yang menarik. Tapi bagi anda yang memiliki budget minim, jangan sedih karena disini juga disediakan. Cobalah masuk ke tengah pulau, disana penduduk menyiapkan homestay sederhana dengan harga jauh lebih murah. Menariknya lagi, harga bisa ditawar sesuai dengan kesepakatan.

Tak ada Kendaraan Bermotor

Disana tak ada kendaraan bermotor, yang ada hanya Cidomo dan sepeda. Gili Trawangan memang tidak diperkenankan ditempati kendaraan bermotor, selain karena pulaunya yang kecil, kendaraan bermotor akan menimbulkan polusi udara. Apalagi, anda hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk menyusuri seluruh pulau dengan jalan kaki. Jadi tidak perlu menggunakan kendaraan bermotor.

Harga Air Mineral dan Kebutuhan Lainnya meningkat 3 Kali Lipat

Saat ke Gili Trawangan, anda harus menyiapkan logistik yang banyak jika tidak ingin membeli kebutuhan makanan dan minuman di sana. Baiknya anda membawa dari Mataram untuk air mineral atau makanannya. Karena disana harganya mahal-mahal. Hal ini disebabkan karena transportasi yang lumayan sulit untuk membawa barang kebutuhan dari kota menuju lokasi.

Bagaimana, tertarik untuk menyambangi Gili Trawangan? Jangan sedih, yuk ambil cuti dan siapkan budget sebanyak-banyaknya! Semoga artikel ini bermanfaat dan Happy Traveling!

Posting Komentar untuk "Fakta Gili Trawangan yang Tak Banyak Orang Tahu!"