Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Kagum, 10 Tempat Wisata di Banyuwangi ini Siap Memanjakan Mata!

Tempat Wisata di Banyuwangi-- Banyuwangi merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang saat ini tengah berkembang pesat terutama di sektor Pariwisata. Banyuwangi memiliki sejumlah wisata yang keindahannya tidak kalah dengan tetangganya yaitu Bali. Walaupun saat ini namanya belum sepopuler Bali, namun pesona keindahan yang dimiliki akan membuat kalian berdecak kagum. Nah, berikut ini beberapa daftar Wisata Banyuwangi yang populer dikalangan wisatawan.

Daftar Wisata Banyuwangi dengan Sejuta Keindahannya Populer 2020

Pantai Pulau Merah


Credit Image: @pulaumerah.indonesia

Pantai Pulau Merah salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasalnya, Pulau Merah memiliki pesona memukau dan menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset. Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup besar, sehingga dijadikan sebagai salah satu spot surfing. Perlu diketahui, Banyuwangi memang sangat kaya dengan wisata pantainya, karena hampir setengah wilayahnya dikelilingi oleh pantai.

Pantai dengan garis pantai sekitar 3 Km ini memiliki pasir putih yang bersih. Daya tarik utama dari pantai Pulau Merah yaitu terdapat bukit kecil setinggi 200 meter. Ketika sedang surut, kalian bisa berkeliling dan bermain di bukit tersebut. Ada beberapa aktivitas yang bisa kalian lakukan saat berada di Pantai Pulau Merah, diantaranya berselancar atau surfing, bermain pasir di pinggir pantai, memancing, menikmati sunset, berkeliling bukit, mengunjungi pura serta kalian bisa menikmati kuliner khas Banyuwangi disana.

Harga tiket masuk Pantai Pulau Merah sekitar Rp 8.000 per orang. Harga sewaktu-waktu bisa berubah yaa gaes. Tapi kalian tidak perlu khawatir, dengan biaya masuk yang sangat terjangkau, kalian sudah bisa menikmati suasana pantai yang eksotis. Bagi kalian yang ingin menginap, kalian bisa menyewa penginapan di dekat Pantai Pulau Merah dengan harga yang bervariasi.

Lokasi : Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Kawah Ijen

Credit Image: @kawahijenindonesia

Kawah Ijen berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso. Gunung ini menawarkan sejuta keindahan yang sangat mengagumkan. Salah satu daya tariknya yaitu Blue Fire atau api biru yang hanya ada satu di dunia. Untuk bisa melihat Blue Fire, kalian harus menunggu hingga dini hari. Biasanya para wisatawan akan memulai perjalanan dari pos Paltuding pukul 01:00 Wib, Karena memang pendakian dibuka saat dini hari. Pesona keindahan Blue Fire akan terlihat hingga pukul 05:00 Wib, setelah itu penampakan Blue Fire tidak akan terlihat lagi karena kalah dengan cahaya matahari.

Ketinggian Kawah Ijen sekitar 2.386 mdpl, kalian akan ditemani oleh kabut dan asap belerang yang semakin membuat kawah ijen eksotis. Untuk bisa memasuki kawasan Kawah Ijen, Kalian harus mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 di hari biasa dan Rp 7.500 di hari libur. Sangat murah bukan ? Jadi, tunggu apalagi gaess? Yuk, agendakan langsung!

Lokasi: Tamansari, Licin, Banyuwangi, Jawa Timur

Pantai G-Land

Credit Image: @bobbysgland

Pantai G-Land atau Pantai Plengkung merupakan salah satu Tempat Wisata di Banyuwangi yang disukai wisatawan dari berbagai negara, terutama bagi para Surfer yang memiliki hobi berselancar. Bisa dikatakan, Pantai G-Land menjadi salah satu tempat Surfing terbaik di dunia. Gulungan ombaknya yang tinggi menjadikan Pantai G-Land dijuluki " The Seven Giant Waves Wonder" oleh para peselancar asing, karena pantai ini memiliki 7 gulungan ombak dengan ketinggian hingga 6 meter.

Pantai G-Land merupakan idaman para surfer Internasional, karena mempunyai ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawai. Untuk mendapatkan ombak terbaik, para peselancar harus mengetahui bulan-bulan yang pas, karena memang tidak setiap bulan ombaknya besar. Bulan terbaik untuk berselancar di Pantai G-Land biasanya April hingga Agustus.

Tidak hanya berselancar, kalian juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti memancing. Untuk mendapatkan moment terbaik saat memancing baiknya datang pada saat ombak sedang rendah yaitu pada November hingga Maret. Tidak hanya itu, bagi kalian yang ingin menikmati liburan dengan mengelilingi pantai, kalian bisa menyewa sepeda kepada penyedia sewa.

Lokasi: Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Green Bay atau Teluk Hijau

Credit Image: @landofosing.banyuwangi

Ingin liburan dengan sensasi liburan tidak biasa? Green Bay adalah jawabannya. Teluk ini menjadi salah satu wisata favorit di Kota Banyuwangi. Keindahan alamnya tidak perlu diragukan lagi. Hutan nya yang asri serta pantainya yang sangat bersih, memberikan suasana yang menyegarkan mata. Ada beberapa hewan yang berkeliaran di sekitar pantai, salah satunya yaitu Monyet. Jika kalian berkunjung ke Teluk Hijau ini, baiknya berhati-hati karena monyet-monyet tersebut bisa mencuri barang-barang kalian.

Tidak hanya pantai, kalian juga bias menikmati air terjun yang langsung mengarah ke pantai. Berdasarkan cerita yang beredar, air terjun ini pernah disinggahi bidadari untuk mandi. Bidadari saja mampir untuk mandi, jadi kalian juga harus mencobanya ya Gaess. Biasanya para wisatawan memanfaatkan air terjun tersebut untuk membilas tubuh mereka setelah berenang di pantai.

Keindahan Teluk Hijau memang tidak cukup untuk dinikmati dalam sehari. Jika kalian berencana untuk camping, baiknya di koordinasi kan terlebih dahulu dengan pengelola di Rajegwesi. Karena dikhawatirkan kalian akan bertemu dengan satwa liar yang sedang jalan-jalan di area pantai. Supaya liburan kalian nyaman dan aman, baiknya koordinasikan dulu yaa gaes!

Lokasi: Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi, Jawa Timur

Pantai Wedi Ireng

Credit Image: @ayodolan

Ingin liburan ke Raja Ampat tapi budget minim?? Gimana kalau kita melipir ke Banyuwangi? Di kota ini ada replika kecil dari Raja Ampat, lho! Namanya Pantai Wedi Ireng. Saat kalian memasuki kawasan pantai ini, kalian akan di suguhkan dengan tebing-tebing yang memutari pulau. Untuk sampai ke lokasi, kalian membutuhkan perjuangan yang ekstra. Jika kalian melalui jalur darat, kalian akan melewati medan yang sangat berat karena harus melewati hutan yang berlumpur. Kalian juga harus mendaki hingga ke ujung bukit, kemudian menuruninya. Tapi percayalah, perjalanan kalian tidak akan sia-sia setelah sampai di Pantai Wedi Ireng.

Sesampainya di Pantai, kalian akan disambut dengan air lautnya yang jernih dan berwarna biru serta bibir pantai yang dikelilingi pepohonan, semakin menambah suasana teduh. Dengan keindahan yang dimiliki, tidak heran jika pantai ini ramai dengan pengunjung. Wedi Ireng artinya Pasir hitam, tetapi kenyataannya tidak demikian. Pasir di Pantai ini lebih dominan warna putih. Deretan karang di tepi pantai juga semakin menambah pesona dari pantai Wedi Ireng. Di sisi lainnya, terdapat sebuah batu berukuran sangat besar yang menjadi ikon dari Pantai Wedi Ireng. Gimana, tertarik untuk berkunjung?

Lokasi: Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Lumajang ini Cakepnya Kebangetan!

Taman Nasional Baluran

Credit Image: @tamannasional_baluran

Siapa yang tidak kenal dengan Taman Nasional Baluran? Taman Nasional ini berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Uniknya, pemandangan yang ditawarkan menampilkan miniatur Padang Savana ala Afrika. Tidak berhenti disitu saja, di ujung Taman Nasional terdapat sebuah pantai yaitu Pantai Bama yang eksotis dan menyimpan sejuta keindahan.

Sesuai dengan namanya, kalian berpeluang untuk bertemu dengan hewan liar seperti rusa atau banteng yang terkadang lewat tanpa permisi. Jika kalian menghadapi situasi yang demikian, usahakan tetap tenang dan jangan bergerak agresif. Bagi kalian yang tetap ingin menjaga penampilan, jangan lupa membawa kacamata hitam, topi serta menggunakan sunblock. Hal ini perlu karena saat musim kemarau, cuaca di Baluran akan berubah sangat terik dan tandus seperti halnya di Afrika.

Berkunjung ke Taman Nasional Baluran rasanya kurang lengkap jika belum berfoto dengan latar belakang kumpulan Tengkorak binatang, seperti halnya banteng, rusa dan kerbau. Tapi kalian jangan berpikir negatif, karena tengkorak yang dipajang berasal dari hewan yang telah mati di Baluran, bukan dari hasil perburuan liar.

Untuk bisa memasuki kawasan Taman Nasional Baluran tidak perlu mahal. Kalian hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000 di hari kerja, sementara untuk wisatawan asing sebesar Rp 150.000. Sementara di hari libur atau akhir pekan, kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp 17.000 dan Rp 225.000 untuk wisatawan asing. Serta terdapat biaya tambahan untuk parkir sebesar Rp 5.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat.

Lokasi: Desa Wonorejo, Banyuputih, Situbondo dan Banyuwangi, Jawa Timur

Songgon Rafting Banyuwangi

Credit Image: @raberty

Songgon Rafting Banyuwangi merupakan salah satu wisata yang berada di kaki Gunung Raung. Wisata yang satu ini akan memberikan sensasi liburan yang tak biasa. Bagi kalian yang suka menguji adrenalin, Songgon Rafting adalah pilihan yang tepat. Wisata ini wajib kalian kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Rafting atau yang sering disebut arung jeram identik dengan perahu karet dan bisa dilakukan oleh 4-6 orang sesuai dengan kapasitas perahunya

Untuk melakukan arung jeram biasanya dilakukan di Sungai Badeng. Sungai ini hulunya berasal dari mata air Gunung Raung dengan kedalaman sekitar 50 cm. Aliran airnya juga cukup deras dengan karakteristik batuannya yaitu batu muda dan tidak tajam. Di sungai ini memiliki spot-spot menantang seperti halnya turunan, batuan terjal dan arus deras. Lokasinya sangat nyaman dan masih asri, karena terletak di tengah pepohonan yang rindang. Jika beruntung, kalian bisa bertemu dengan satwa liar seperti monyet, burung dan biawak.

Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap diantaranya Kamar Mandi/MCK, Mushola, Area Parkir, Tempat Istirahat, Tempat Makan dan masih banyak lagi. Untuk estimasinya sendiri, kalian perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 100.000 - Rp 175.000 dengan peserta minimal 4 orang.

Lokasi: Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur

Pantai Sukamade

Credit Image: @exotic_banyuwangi

Pantai Sukamade ditemukan pada tahun 1927 oleh Belanda dan merupakan salah satu dari dua tempat penyu bertelur di Banyuwangi. Selama ribuan tahun, penyu-penyu raksasa dari Samudera Hindia dan Samudera Pasific bertelur di Sukamade. Dalam sehari, penyu-penyu yang mendarat mencapai angka 80 ekor. Diantara 4 spesies penyu yang bertelur (Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Belimbing dan Penyu Slengkrah) penyu hijau lah yang paling umum.

Aktivitas favorit di Pantai Sukamade yaitu berwisata sembari melihat para penyu bertelur. Bahkan kalian juga bisa mengikuti kegiatan petugas dalam pengelolaan penyu. Wah, seru kan? Selain bisa liburan, kalian juga bisa mendapat ilmu baru.

Aktivitas yang tidak kalah menarik yaitu mengikuti acara pelepasan anak penyu ke laut. Pelepasan anak penyu ini bisa dilakukan kapan saja, dari pagi hingga sore dengan syarat anak penyu berusia lebih dari 7 hari setelah menetas. Kegiatan lain di pantai Sukamade yaitu menikmati keindahan alam pantainya yang eksotis.

Lokasi: Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Bangsring Underwater

Credit Image: @bangsringunderwater

Bagi kalian yang suka memandangi keindahan bawah laut, kalian wajib berkunjung ke wisata laut Bangsring Underwater. Pantai ini sangat cocok bagi pecinta olahraga Snorkling. Kalian bisa bermanja-manja melihat dan mengenal biota dan tanaman laut yang sangat memukau. Daya tarik utamanya yaitu terumbu karangnya yang indah serta ikan hias yang menghiasi perairan di Bangsring Underwater. Mereka berenang seakan mengajak kita berenang bersama.

Sebagai objek wisata yang terus berkembang, Bangsring Underwater terus melengkapi fasilitas yang ada, diantaranya gazebo, kamera underwater dan penyediaan alat snorkling. Bagi kalian yang suka watersport, disini juga disediakan seperti banana boat dan kano. Sepertinya berkunjung ke Bangsring Underwater tidak cukup jika hanya sehari. Nah, bagi kalian yang ingin menginap, ada beberapa penginapan dan hotel di sekitar Bangsring Underwater.

Tiket masuk yang harus kalian keluarkan sangatlah murah. Kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2.000 saja per orang. Sangat murah kan? Tentunya ini tidak termasuk biaya sewa alat ya! Oh ya, harga tiket masuk sewaktu-waktu bisa berubah yaa gaes.

Lokasi: Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur

Savana Sadengan Banyuwangi

Credit Image: @bwi.story

Savana Sadengan merupakan padang rumput seluas 80 hektar dan disebut sebagai padang rumput semi alami di Banyuwangi. Mengapa disebut demikian? karena keberadaan padang rumput ini tidak berlangsung secara alami, melainkan terbentuk karena kerusakan hutan sehingga membentuk hamparan rumput yang sangat luas.

Ada beberapa spesies yang bisa kalian temukan di padang ini, diantaranya Rusa, Banteng, Kijang, Ajag, Macan Tutul dan Babi Hutan. Selain mamalia, disini kalian bisa menyaksikan sejumlah burung liar, seperti halnya elang jawa, elang ular bido, jalak putih, ayam hutan merah, bangau sendang lawe, merak hijau dan burung-burung lainnya.

Savana Sadengan menjadi salah satu Tempat Wisata di Banyuwangi yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Sampai detik ini, wisata Savana Sadengan masih sangat terjaga kelestariannya. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung? Mulai sekarang kalian tidak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk bisa menikmati beragam satwa liar. Kalian cukup datang ke Savana Sadengan, karena semua yang kalian inginkan ada disana.

Lokasi: Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Baca Juga: Bikin Rindu, Ini Dia Tempat Wisata di Batu Malang!

Jadi, gimana teman-teman? Jangan ragu lagi untuk explore Tempat Wisata di Banyuwangi, Karena setiap destinasi alamnya menyimpan sejuta keindahan yang bahkan tidak kalian duga. Banyuwangi memang surganya wisata alam. Jika kalian ke Banyuwangi, jangan lupa mampir ke tempat wisata di atas yaa! Semoga bermanfaat dan explore terus keindahan Indonesia!

6 komentar untuk "Bikin Kagum, 10 Tempat Wisata di Banyuwangi ini Siap Memanjakan Mata!"

  1. banyuwangi memang ujung timur indonesia dengan berjuta pesona. saya jadi teringat dengan banyuwangi half marathon yang memukau tahun lalu :-)

    BalasHapus
  2. saya ke banyuwangi cuma ke pantai cemara hehe
    bagus bagus ya pengen lagi ke sana ke pantai wedi ireng atau pulau merah
    baluran juga bagus
    banyuwangi memang oke punya

    BalasHapus
  3. Wah, saya baru tau kalau banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di dekat Banyuwangi. Greenbay sama Pantai Wedi Irengnya bagus.

    BalasHapus
  4. Wulandari7/21/2020

    Sebenernya masih banyak lagi, cuma saya pilih 10 terbagus menurut saya saja, hehe.

    BalasHapus
  5. Wulandari7/21/2020

    Langsung buat agendanya kak dan explore Banyuwangi. Paling seru kalo perginya sama keluarga :)

    BalasHapus
  6. Wulandari7/21/2020

    Setuju banget kak. Semoga aja tahun ini bisa berkunjung lagi ke Banyuwangi yaa, hehe

    BalasHapus