Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat untuk Anak yg sering di Ajak Travelling Orangtuanya

RekamJejak-- Liburan sudah tiba, jangan biarkan anak anda mengeluh karena bosan menghabiskan waktu terlalu lama di rumah. Kebanyakan orang tua kurang menyadari bahwa anak-anak sangat membutuhkan rekreasi. Terlebih untuk anak yang terlahir ekstrovert dan membutuhkan interaksi sosial dengan orang lain, dan salah satunya yaitu dengan travelling.

Mengajak anak travelling memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk menikmati destinasi yang akan dikunjungi, tapi waktu khusus ini akan menjadi momen yang tepat bagi anak untuk mengenal hal-hal baru. Kira-kira apa saja ya manfaat yang akan diperoleh anak saat travelling? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Mendekatkan Anak dengan Alam


Menikmati keindahan alam secara langsung akan menumbuhkan rasa kecintaan dan kepedulian anak terhadap alam. Contoh sederhananya yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan, mencabut tanaman serta mencoret-coret dinding tempat wisata yang dikunjungi. Momen sakral ini juga bisa menjadi media pembelajaran tentang berbagai elemen alam yang mungkin tidak sering ia lihat sehari-hari. Ajak anak anda untuk explore sungai, perbukitan, sawah serta melihat langsung hewan-hewan yang selama ini hanya ada di buku cerita.

Melihat Dunia dari Sisi Lain

Dengan travelling juga akan menunjukkan sisi lain dari dunia. Contoh sederhananya yaitu dapat berinteraksi dengan orang lain serta dapat menemukan banyak hal menarik yang belum pernah ditemui sebelumnya. Dengan ini, pikiran anak akan semakin terbuka. Travelling juga akan membantu membentuk mental dan juga karakter anak. Selain itu, anak juga akan menjumpai kondisi perjalanan yang berbeda-beda. Dengan demikian, anak anda akan lebih siap untuk menghadapi berbagai tantangan pada saat nanti.

Menciptakan Momen Indah dengan Anak

Melakukan perjalanan dengan anak tentunya akan mempererat hubungan anda dengan anak yang mungkin renggang karena kesibukan anda saat bekerja. Penelitian psikologi mengatakan bahwa saat seorang anak memiliki kenangan masa kecil yang indah, maka mereka akan tetap menjadi pribadi yang aktif dan ceria.

Travelling Mengajarkan Tanggung Jawab

Salah satu manfaat yang akan dirasakan oleh anak saat travelling yaitu anak akan lebih bertanggung jawab terhadap barang-barang miliknya sendiri. Contoh sederhanya yaitu bertanggung jawab dengan membawa air minumnya sendiri, membantu membawa koper hingga jajan sesuai dengan uang yang diberikan.

Mengajarkan Mereka Bahwa Bahagia Tidak Selalu dengan Materi

Dengan travelling tentunya anak akan mendapat pengalaman baru seperti belajar tentang keterampilan serta bertemu dengan beragam orang. Pengalaman ini tentunya akan mengubah persepsi anak tentang arti kebahagiaan, bahwasanya kebahagiaan itu tidak selalu tentang materi tapi juga bisa diperoleh dari perjalanan yang menyenangkan.

Melatih Kesabaran Anak

Ketika anak dihadapkan dengan situasi yang beragam pastinya anak akan lebih siap menerima tantangan. Saat travellig, anak akan merasakan banyak hal-hal baru yang tentunya beragam, mulai dari yang seru hingga harus melatih kesabaran anak. Misalnya ketika harus antre saat masuk transportasi umum ataupun tempat wisata, bahkan harus berjalan jauh untuk melihat pemandangan indah. Kondisi ini akan melatih kesabaran dan kekuatan anak. Bahkan bisa jadi terbentuk pola pikir yang lebih kritis dan cerdas.

Itulah 6 manfaat travelling bagi anak-anak. Satu hal yang akan anda rasakan dan tidak akan terlupakan yaitu melihat senyum dan tawanya yang bahkan sudah anda rindukan sejak lama. Hubungan anda dengan anak juga akan semakin dekat. Travelling memang sedikit merepotkan, tapi manfaatnya sangat banyak. Happy holiday dan explore terus wisata Indonesia!

Posting Komentar untuk "6 Manfaat untuk Anak yg sering di Ajak Travelling Orangtuanya"