Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Lupa Waktu, 10 Tempat Wisata di Lumajang Ini Cakepnya Kebangetan!

Tempat Wisata di Lumajang -- Bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja? Mengapa tidak menikmati destinasi wisata di Lumajang? Seperti yang kalian ketahui, Lumajang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata menarik yang sayang jika kalian lewatkan. Di ulasan sebelumnya, saya telah mengulas sedikit mengenai Tempat Wisata di Mojokerto, Wisata di Banyuwangi dan wisata lainnya di Jawa Timur. Dan kali ini, Rekamjejak akan mengajak kalian liburan ke beberapa Tempat Wisata di Lumajang yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata di Lumajang di dominasi oleh wisata alam dan dikelilingi oleh 3 gunung berapi yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Lemongan. Lumajang menyimpan potensi wisata yang potensial. Ditambah lagi dengan banyaknya air terjun yang siap memanjakan mata.

Rekomendasi Tempat Wisata di Lumajang yang Menarik Untuk Di Kunjungi 2020

Credit Image by: @wisatalumajang

Terdapat beberapa tempat wisata yang bisa kalian kunjungi saat di Lumajang. Keindahan yang ditawarkan akan memberikan pengalaman tersendiri yang tidak bisa kalian lupakan. Supaya tidak penasaran, yuk simak langsung rekomendasi wisata yang telah saya rangkum dari beberapa sumber terpercaya:

Gunung Semeru, Surganya Para Pendaki

Credit Image: @gunung.idn

Destinasi wisata pertama yang wajib kalian kunjungi yaitu Gunung Semeru. Gunung yang sempat viral sejak menjadi lokasi syuting film 5 Cm. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl dan dinobatkan sebagai gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Rinjani. 

Gunung Semeru termasuk gunung yang berbahaya karena hingga kini masih aktif dan mengeluarkan asap beracun. Walaupun demikian, masih banyak pendaki yang mengagumi keindahan Gunung Semeru. Keindahan Gunung Semeru mampu membuat para pendaki merasa tenang dan nyaman. Oro-Oro Ombo dan Ranu Kumbolo menjadi 2 spot yang ikut berperan didalamnya. 

Tidak hanya itu, Tanjakan Cinta juga sering dibicarakan seiring melambungnya nama Semeru. Bukan tanpa alasan, Tanjakan Cinta ini menyimpan mitos percintaan yang pastinya sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, jika kalian bisa melewati tanjakan tersebut tanpa menoleh ke belakang sembari memikirkan orang yang kalian sukai, maka impian kalian untuk mendapatkan pasangan akan terkabul. Kedengerannya memang mudah, kenyataannya kondisi kemiringan dari tanjakan ini sering kali membuat pendaki harus berhenti dan terpaksa membalikkan badan ke arah belakang.

Harga tiket masuk ke Gunung Semeru tergolong murah sekitar Rp 19.000 untuk hari biasa dan Rp 24.000 untuk akhir pekan dan hari libur.

Lokasi: Desa Ngampo, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Camping Manja di Ranu Kumbolo

Credit Image: @ranukumbolosemeru

Ranu Kumbolo merupakan salah satu danau yang terkenal di Lumajang. Keindahan alam di sekitar danau seakan mengajak kita untuk mendirikan tenda terlebih dahulu sebelum akhirnya melanjutkan ke Gunung Semeru. Danau Ranu Kumbolo berada di lereng Gunung Semeru dan termasuk tempat untuk mengambil air terakhir sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan. 

Pemandangan di sekitar danau memang menakjubkan. Tidak heran rasanya jika wisatawan lokal maupun mancanegara datang kesini untuk menghabiskan waktu liburan dengan mendirikan tenda. Fasilitas yang ditawarkan Ranu Kumbolo memang tidak selengkap objek wisata pada umumnya. Hal ini bukan karena keteledoran pihak pengelola, melainkan faktor market segment. 

Wisatawan yang datang ke Ranu Kumbolo didominasi oleh pendaki yang pastinya sudah menyiapkan peralatan sendiri untuk camping. Hal ini tentu beda dengan wisata lainnya yang tujuan utamanya hanya untuk berburu foto dan pada saat lapar bisa langsung beli ataupun pesan online. Di Ranu Kumbolo, wisatawan yang datang pastinya sudah menyiapkan alat camping dan logistik sendiri sebagai persediaan.

Jika kalian butuh toilet, disarankan untuk membuat lubang galian dengan jarak minimal 15 M dari bibir danau. Sementara untuk cuci muka dan gosok gigi, kalian bisa mengambil air dari danau tetapi tidak boleh melakukannya di di danau langung. Oh ya, harga tiket masuk yang harus kalian keluarkan sangat murah sekitar Rp 5.000 per orang dan ditambah dengan biaya parkir kendaraan.

Lokasi: Desa Ngampo, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Coban Sewu, Surga Keindahan Lumajang yang Tersembunyi

Credit Image: @excelsiorlifestyle

Wisata selanjutnya yang bisa kalian kunjungi yaitu Coban Sewu yang saat ini tengah menjadi wisata air terjun andalan di Lumajang. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 180 meter dan dihiasi oleh tumbuhan yang tumbuh secara alami. Bagi kalian yang menyukai ketenangan, wisata ini cocok untuk kalian kunjungi. Disini hanya terdengar suara percikan air saja yang akan memecahkan keheningan.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Coban Sewu yaitu pagi hari dan maksimal siang hari. Selain memang jam operasional nya hingga pukul 16:00 Wib, datang di pagi hari akan mendapatkan asupan oksigen atau udara yang masih segar. Tidak hanya itu, dengan datang di pagi hari kalian bisa melihat pemandangan hijaunya alam di sekitar air terjun. 

Untuk harga tiket masuknya sangatlah murah yaitu sekitar Rp 5.000 per orang. Oh ya, harga bisa sewaktu-waktu berubah yaa gaes, tergantung dari kebijakan pihak pengelola.

Lokasi: Desa Tamanayu, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Pesona Air Terjun Kapas Biru dengan Tebing Coklat Kemerahan

Credit Image: @irwnrdnsyh

Air Terjun Kapas Biru merupakan salah satu air terjun yang recommended untuk dikunjungi. Ketinggian air terjun ini diperkirakan sekitar 100 meter. Airnya pun berasal dari aliran anak sungai Besukbang yang berhulu di lereng Gunung Semeru. Pemandangan nya pun sangat memukau dengan dihiasi tebing-tebing tinggi berwarna coklat kemerahan ditambah dengan rimbun nya pepohonan di sekitarnya.

Wisata air terjun ini banyak dicari traveler. Selain keindahan yang dimiliki air terjun Kapas Biru, pengelolaan yang baik dari warga sekitar juga ikut andil dalam kepopuleran air terjun ini. Bagi kalian yang tidak tahu arah, jangan khawatir karena kalian akan diberikan arahan sebelum menuju lokasi. Hal ini dilakukan karena track nya sekitar 1 Km dan cukup menguras tenaga. Akses nya sudah bagus, terdapat anak tangga yang disusun rapi dilengkapi dengan pegangan tangga. Keamanan dan keselamatan pengunjung sangat di prioritaskan.

Untuk sampai di lokasi, membutuhkan waktu sekitar 30 menit yang diawali dengan turun tangga dan melewati persawahan. Selama perjalanan menuju air terjun, dapat dipastikan kalian tidak akan bosan. Karena pemandangan indah di sekitar lokasi akan selalu menemani sepanjang jalan.

Harga tiket masuk ke lokasi air terjun terbilang sangat murah. Kalian hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 7.000 per orang, serta ada tambahan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000

Lokasi: Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Pura Mandara Giri Semeru Agung, Gerbang Uniknya Cocok untuk Pemburu Foto

Credit Image: @fiky_soe

Lumajang memiliki banyak objek wisata yang unik, tidak hanya wisata alam nya saja, tetapi wisata religinya juga. Salah satunya yaitu Pura Mandara Giri Semeru Agung. Pura yang menjadi salah satu pura tertua di Indonesia. Wisata yang satu ini memiliki bangunan yang menyerupai pura di di Pulau Dewata. Pesonanya juga tidak kalah menarik untuk kalian kunjungi, maka dari itu sangat disayangkan apabila kalian tidak menyempatkan diri untuk berkunjung kesini.

Pura Mandara Giri Semeru Agung selalu ramai saat akhir pekan. Uniknya, kebanyakan pengunjungnya berasal dari seberang Pulau Jawa yaitu Bali. Fasilitas yang dimiliki cukup baik, hal ini bertujuan agar pengunjung merasa nyaman ketika berada di Pura Mandara Giri. Fasilitas umum yang bisa kalian nikmati yaitu area parkir untuk roda dua maupun roda empat. Tidak hanya itu, Rest Area juga disediakan untuk pengunjung yang ingin melepas penat dan lelah.

Daya tarik utama dari wisata religi yang satu ini yaitu gerbangnya yang unik dan cocok untuk dijadikan spot foto. Saat kalian memasuki gerbang utama, kalian bisa melihat candi-candi yang megah serta beberapa tempat sembahyang dan letakkan piring yang besar. Tidak hanya itu, didalamnya juga terdapat paviliun yang disebut aula suci. Tempat ini digunakan sebagai dapur khusus dan bale patandingan yang biasa digunakan untuk melakukan pertemuan tertentu.

Untuk tiket masuknya sebenarnya tidak ada. Namun bagi kalian yang ingin memberikan sedekah, maka terdapat kotak amal yang disediakan khusus untuk berkontribusi dalam perawatan pura.

Lokasi: Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Wisata Goa Tetes Lumajang yang Eksotis

Credit Image: @raafiakbar

Bebeda dari wisata-wisata sebelumnya, kali ini kita beralih ke Wisata alam yang cukup eksotis yaitu Goa Tetes. Goa ini didalamnya dipenuhi dengan keberagaman stalagmit dan stalagtit. Warnanya kuning keemasan. Warna tersebut tercipta karena adanya bebatuan di sekitar goa yang tercampur dengan belerang. Goa Tetes berada tepat di bawah air terjun, sehingga air yang dibawa oleh air terjun tersebut masuk ke dalam goa. Rembesan air tersebut menetes melalui dinding goa. Itulah yang melatarbelakangi asal usul nama dari goa ini.

Walaupun perjalanan menuju lokasi sedikit melelahkan, namun semua rasa lelah itu akan terbayar dengan keindahan yang ada di sepanjang jalan. Ketika kalian menyusuri jalan setapak, kalian akan menjumpai panorama tebing dan lumut-lumut cantik.

Harga tiket masuk Goa Tetes tergolong murah, kalian hanya perlu membayar sekitar Rp 3.000 per orang dan tambahan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000. Sangat murah bukan? Dengan budget di bawah Rp 10.000 kalian sudah bisa berpetualang dan seru-seruan di Goa Tetes. Oh ya, harga tiket masuk bisa saja berubah yaa gaes tergantung dari kebijakan pihak pengelola.

Lokasi: Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Keunikan Watu Godeg, Batu Bergoyang di Lumajang

Credit Image: @theeastjava

Pantai Watu Godeg merupakan salah satu pantai di Lumajang yang memiliki keunikan tersendiri. Sesuai dengan namanya, batu ini akan bergoyang saat terkena hempasan ombak. Keren yaa? Ternyata bukan hanya mobil yang bisa goyang, tetapi batu juga bisa goyang lho, hehe. Wisatawan yang berkunjung biasanya sering menghabiskan waktu untuk bermain di pinggir pantai. Tapi perlu diingat bahwa ombak disini tergolong besar dan bisa membawa anda ke laut. Aktivitas lainnya yang tak kalah seru yaitu berenang di rawa-rawa sekitar pantai.

Bagi kalian yang suka foto, terdapat beberapa spot menarik yang bisa kalian gunakan untuk menghasilkan foto-foto yang keren. Kalian bisa berfoto dengan latar pemandangan laut atau pun berlatarkan hamparan pasir. Tidak hanya itu, saat sore hari kalian bisa berfoto dengan keindahan langit sore yang eksotis. Pastinya tidak kalah indah dengan pantai lainnya.

Untuk tiket masuknya sebenarnya tidak ada alias gratis gaess. Jadi kalian bisa datang kapan saja sesuka kalian. Waktu terbaik berkunjung ke Watu Godeg yaitu pagi hari saat Sunrise dan sore hari saat Sunset.

Lokasi: Desa Bulurejo, Kecamatan Tempur Sari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Keindahan Danau Klakah, Danau Ala Heart Series

Credit Image: @ranuklakah

Danau Klakah juga menjadi salah satu wisata favorit di Lumajang. Pasalnya, danau ini menyuguhkan panorama alam  yang memukau dengan latar belakang Gunung Lemongan. Danau ini termasuk dalam kawasan segitiga ranu (danau) bersama Ranu Bedali dan Ranu Pakis yang saling terhubung oleh jalan yang bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ketinggian yang dimiliki danau ini sekitar 900 mdpl dengan luas sekitar 22 ha. Sementara kedalamannya mencapai 28 m. Lokasi Danau Klakah memang terbilang jauh dari tengah kota dan belum ada transportasi umum untuk menuju danau ini. Jika kalian tertarik berkunjung, baiknya menggunakan kendaraan pribadi.

Lokasi: Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Puncak B-29, Sensasi Liburan Negeri di Atas Awan

Credit Image: @kawanjelajahtour

Lumajang memang tidak pernah kehabisan tempat wisata untuk dikunjungi. Tidak hanya danau dan air terjun, Lumajang juga mempunyai wisata yang akan membawa kita seperti di negeri dongeng. Salah satunya yang tengah hits di kalangan traveler yaitu Puncak B-29. Saya dulu pernah berkunjung ke puncak ini di tahun 2015, dan akses nya masih sangat sulit untuk di tempuh.

Diantara banyak hal yang menarik untuk dilihat, pesona dari pemandangan lautan awan nya memang sangat luar biasa. Bisa dikatakan, itulah daya tarik utamanya mengapa tempat ini selalu berhasil mendatangkan banyak pengunjung.

Terlepas dari keindahannya, Puncak B-29  memiliki sebuah mitos tentang seorang pengunjung yang jatuh ketika berada di tempat ini. Percaya atau tidak, saya dan rombongan pernah mengalami hal ini saat perjalanan pulang, menuruni perbukitan yang terjal dengan sepeda motor. Hal ini terjadi, kemungkinan karena memang akses nya yang sangat sulit dan sepeda motor kami yang tidak mendukung.

Lokasi: Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Spot Underwater Unik di Sumber Brutu Lumajang

Credit Image: @dinoadiseptianus

Tempat Wisata di Lumajang terakhir yang wajib kalian kunjungi yaitu Sumber Brutu. Wisata yang satu ini merupakan salah satu surga tersembunyi di Lumajang, karena memang belum banyak diketahui dan dikunjungi oleh wisatawan.

Jika kalian termasuk pribadi yang suka dengan ketenangan dan kenyamanan, maka Sumber Brutu adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Wisata ini menyuguhkan telaga kecil yang berada diantara pepohonan rindang yang asri dan menjanjikan ketenangan bagi siapapun yang mengunjungi nya.

Telaga kecil yang tercipta secara alami ini memiliki air yang bersih dan bening seperti kaca. Sesampainya di lokasi, kalian pasti tidak akan sabar untuk nyebur dan merasakan kesegaran airnya. Tidak ada larangan untuk kalian berenang, yang terpenting tetap menjaga kebersihan sekitar.

Berdasarkan informasi, wisata Sumber Brutu ini bisa kalian nikmati secara Cuma-Cuma alias gratis. Wah, cocok banget nih buat kalian yang ingin liburan di akhir bulan saat keuangan sudah menipis, hehe. Tapi perlu diingat yaa gaes, ketentuan tiket masuk gratis atau tidak bisa saja berubah sewaktu-waktu yaa!

Lokasi: Desa Pandansari, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Baca Juga: Berani Mendaki? Ini Dia 6 Gunung Terangker yang Jarang Dikunjungi di Indonesia!

Nah, itulah beberapa rekomendasi Tempat Wisata di Lumajang yang menarik untuk kalian kunjungi. Sebenarnya ada banyak wisata di Lumajang , tetapi saya hanya merekomendasikan 10 wisata terbaik versi rekamjejak. Kalau ditulis semua, bisa kepanjangan gaess, nanti kalian malah muntah bacanya, haha.

Cukup sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari referensi tempat wisata khususnya di Lumajang. Saya sudah berusaha menyampaikan sebaik mungkin, mohon maaf jika ada kesalahan. Selamat berlibur dan explore terus keindahan Indonesia!

2 komentar untuk "Bikin Lupa Waktu, 10 Tempat Wisata di Lumajang Ini Cakepnya Kebangetan!"

  1. Hastira7/26/2020

    ya Allah, banyak juga dan indah2 sekali

    BalasHapus
  2. Wulandari7/27/2020

    Iya kak,, Semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus